Senin, 30 Januari 2012

Aku Cinta Indonesia..




Satu satunya pengeluaran yang amat sangat ga bisa gw hindarin tiap bulan adalah pengeluaran untuk trip/backpackeran ke luar kota. Ini  hobi gw. Yaaahh namanya juga hobi, udah gak kepikiran lagi buat menimbang-nimbang pengeluaran, kadang sebulan sekali trip, malah pernah 2 bulan gw ngadain 7x trip. Dan parahnya walau gw ga niat jalan jalan tetep aja ada temen yang ngeracunin buat jalan jalan..

Kenapa Backpacker?? Backpacker dan jalan koper udah pasti ada perbedaan di pengeluarannya. Backpackeran juga ngajarin kita bagaimana berbaur dengan lingkungan dan membuat tubuh kita cepat beradaptasi dengan situasi yang ada. Intinya keluar dari "zona nyaman kita". Jadi jangan harap ada kasur empuk, mandi air panas dan ruangan AC.

Gw juga lebih senang bertualang di wilayah Indonesia. Klo ada yang tanya apa enaknya sih jalan jalan di Indonesia?? Jawabanya banyak!! Selain alam Indonesia yang amat sangat kaya kita juga membantu perekonomian masyarakat d sekitar tempat wisata.

Bayangin aja di Indonesia ada lebih dari 700 pulau. Klo sehari kita kunjungin 1 pulau aja setahunpun belum tentu semua pulau kita datengin. Masalah alam pun negeri kita ga kalah dari negara tetangga. Sebut aja, mau liat pantai sebagus di Phi-Phi Island?? dateng aja ke Sempu. Mau liat pasir unik?? kita punya pink beach. Mau naik gunung?? Rinjani sampe Merapi siap didaki. Mau melihat alam?? dari Ujung Kulon sampai Tanjung Puting ada. Mau wisata bawah laut??? beuuhhh..jangan salah..disini surganya..dari Bunaken, Wakatobi sampe Raja Ampat yang jadi "tempat suci" para diver di seluruh dunia ada disini.

Pantai Pasir Panjang - Sempu
Nemo's playground - Karimun Jawa
Anak Gn.Krakatau - Krakatau
Derawan


Indonesia juga dikenal sebagai negara teramah di dunia. Sekasar kasarnya kota di Indonesia, pasti ketika kita bertanya arah pasti dikasih tau. Di negara lain?? Boro boro.

Terkadang gw miris juga ngeliat orang negara lain sangat cinta sama Indonesia tapi warga aslinya malah berlomba lomba pergi ke negara lain. Bahkan seorang teman asal Singapura sempat membuat ungkapan seperti ini, "The world needs Indonesia, but Indonesia doesn't need a world". Pas gw tanya, begini dia jelasin. Dari sektor keuangan lebih dari 1 juta orang Indonesia dateng ke Singapura untuk belanja per tahun, coba aja jumlah segitu dihabiskan untuk beli produk negeri sendiri pasti orang orang Singapura ga akan sekaya sekarang. Lalu dari alam, sepertiga oksigen di bumi berasal drai hutan hutan di Indonesia. Coba aja bakar tuh hutan dijamin selain supplier okesigen berkurang drastis pasti asepya udah pasti bakal sampe ke negara sebelah.

Yang paling baru adalah pas gw jalan ke Lombok. Sisini gw sadar betapa orang dari negara lain begitu cinta negara kita saking indahnya. Di Gili Trawangan pemandu kita adalah orang Perancis bernama Chris. Doi udah cinta mati sama Lombok bahkan saking cintanya dia nikah sama cewe pribumi. Masih kurang bukti?? Coba aja kalian berkunjung ke Musium Antonio Blanco di Bali dan liat betapa orang asing mencintai negeri kita yang indah ini.

Salah satu keuntungan wisata di negeri sendiri adalah murah. Maksudnya murah disini emang relatif. Yang rumahnya daerah timur pasti lebih murah ke Raja Ampat dibadingkan ke danau Toba. Tapi coba kalian bayangin lagi. Pasti lebih asyik ngeliat Komodo -sebagai salah satu keajaiban dunia terbaru dan satu satunya binatang purba yang masih nyisa di dunia- di Pulau Komodo, melihat indahnya susunan batu batu besar dari atas mercusuar di Belitung, bermain bersama ubur ubur yang ga nyengat di Kakaban ataupun berburu poto lumba lumba di habitat aslinya daripada sekedar poto poto di depan patung singa atau menara kembar.

Habitat asli Lumba2 - Teluk Kiluan

Pulau Lengkuas - Belitung

Puncak Guha - Garut

Seindah indahnya karya manusia pasti lebih indah karyaNya. Betul??

Nah gw rasa ga ada lagi alesan buat kita untuk ga  menjelajahi setiap jengkal negara kita ini. Dijamin kalian akan menemukan hal hal baru di setiap daerah yang kita kunjungin.

So, mau jalan jalan kemana sajakah kalian??jangan lupa ajak ajak gw ya..

Trip Now, Think Later.

5 komentar:

Jantan Putra Bangsa mengatakan...

bagus Gan. makasih atas sharenya....

ramdanUchiha mengatakan...

sama sama..semoga bisa membantu dan menambah kecintaaan terhadap negeri ini.

Qnanthy's story mengatakan...

Setiap baca tulisannya elo, gw selalu bersemangat buat jalan2...thanks a lot...april ke bali yuk :D *kan katanya kalo jalan2 disuruh ajak2 hehehee...

Salam "trip now, think latter"

ramdanUchiha mengatakan...

waduuuhh...akika udah pernah ke bali..tuh ada postingannya...baca2 aja..siapa tau bisa jadi info tempat tujuan.. :)

lia mengatakan...

Ish ngeracunin orang yang mau cuti ngetrip aje nih :/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...