Jumat, 06 Januari 2012

Menggila sampe Mabok di Gili - Lombok (part 2)


Selamat pagi Lombok. Setelah puas menggarap Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno di Part 1 maka saatnya mengexplore bagian Lombok yang lain. Pagi ini cuaca cerah. Sayang sang mentari bersembunyi di balik lindungan awan berperisai gunung. Dia hanya mengintip sedikit di balik sang awan. Namun itu semua sama sekali ga ngurangin kecantikan sang surya.



Sayang si Adinda dan bu guru Anggi gamau langsung bangun walau gw samperin ke kamarnya, jadi gw berdua sama Bernat aja yang narsis gila gilaan di pagi yang indah itu



Dan seperti ga puas hanya dengan sedikit pertunjukan di waktu subuh, alampun seperti berlomba lomba mempertunjukkan sisi terbaiknya kepada kita untuk diabadikan. Disini gw jadi saksi sebagus bagusnya ciptaan manusia masih jauuuuh lebih bagus ciptaanNya.





Setelah diberi keindahan sebanyak itu ternyata alam belum puas memagi sedikit keindahanya pada kita. Sepanjang mata memandang kita masih disuguhkan keindahan alam Gili Trawangan.




Puas (sebenernya belum sih) menikmati bertubi tubi keindahan alam Gili saatnya mandi dan beres beres tenda. Anak anak lain juga pada udah bangun dan bantu beresin tenda. Setelah semua kumpul ga lupa make dress code kita yaitu baju putih dan kita langsung adain sesi poto  bareng (kapan lagi coba)


This is our camp..




Sip..poto poto udah, snorkling udah, sekarang saatnya balik. Ga lupa buat ngambil KTP gw yang ditahan. Harga kapal balik ke Bangsal masih sama yaitu 10ribu . Perjalananya pun masih sama yaitu 1 jam. Setelah merapat di Bangsal kita kembali menolak naik delman dan lebih memilih jalan, hemat beb. Kita jalan sampe pos masuk karena akan dijemput oleh Pak Dedi. Setelah lama menunggu pak Dedi pun dateng membawa 2 mobil yaitu Innova dan Travello. Mobil mobil ini kita sewa selama sehari penuh keliling Lombok termasuk supir dan bensin seharga 1,6juta, itu berarti perorangnya masing masing membayar 80ribu.

Tujuan kita berikutnya adalah Desa Sade yang dihuni suku Sasak, suku asli Lombok. Oia sebelum ke desa itu kita mampir beli oleh oleh sebentar. Teorinya emang sebentar tapi kenyataan praktek di lapangan jadi lamaaa. Kita berhenti hampir sejam dan ini sangat menyianyiakan waktu (padahal gw juga beli oleh oleh)



Akhirnya  sampe juga ke Desa Sade. Begitu turun mobil kita langsung pasang pose di papan tanda masuk Desa. Disini kita disambut oleh mas pemandu yang bernama Inaf (cara bacanya kaya baca "Enough"). Disini kita diajak berkeliling sambil dijelaskan adat disini. Tau ga?? Disini klo lo mau ngawinin cewe idaman lo maka tuh cewe harus lo culik, ia bener lo harus culik!! Kalo lo minta baik baik sama bapaknya udah pasti dikasih golok, kalo lo ketauan pas lagi nyulik pun siap siap pala lo pisah sama kaki leher lo. Jadi disini kita dituntut jadi Gayus yang sukses menculik duit pajak tanpa ketauan. Kalo sukses siap siap aja menikmati hasil kerja keras lo (baca : indehoy)




Penenun kain khas sasak..
 
Versi tuanya..

Menurut lo ini udah aneh??lo salah besar, tunggu sampe lo denger yang ini. Disini semua lantainya terbuat dari tai kebo mameenn!!! Te-a-ta-i ka-e-ke-be-o-bo TAI KEBO!! Tai bener ga?? Jadi nih bahan baku mushroom yang baru keluar dari 'oven' dicampur tanah dan air trus diolesin dan ditunggu 15 menit sampe keras. Udah keras dioles lagi dan tunggu 15 menit lagi. Begitu seterusnya sampe lantainya setinggi sekitar 30cm. Kelihatanya gampang, tapi begitu lo yang ngelakuin semua jadi ga lucu lagi. Kata mereka sih baunya paling cuma 10 menit awal aja. Cuma lo bayangin aja baunya. Ini tai kebo meeenn..

Rumah tai kebo..

Disini mereka semua muslim dan setahun sekali mereka ada makanan khas bernama Jaji Kuja. Oia orang tertua di desa ini adalah seorang kakek berusia 106 tahun dan nenek berusia 98 tahun. Disini bagi pasangan pengantin baru yang belum punya rumah bisa tinggal di RSSSS (baca : Rumah Sangat Sangat Sederhana Sekali) yang terdiri dari 1 kamar untuk segala kegiatan.


RSSSS..
 
Kakek 106 tahun..

Disini ga lupa gw dan teman teman belanja kain sasak buat oleh oleh emak dirumah. Pas banget kita pulang ujan lebat melanda Desa Sade. Jadi perjalanan berikutnya kita lalui sambil ujan ujanan. Tujuan berikutnya adalah Tanjung Aan. DIsini kita bisa naek ke atas karang dengan membayar 1ribu ke anak anak setempat (gila kecil kecil jago nyari duit). Ternyata sribu itu ga sia sia sodara sodara. Pemandangan dari sini ajiiibb..tau kan apa yang terjadi selanjutnya?? Camera, roll, action!!!




Dari sini kita mampir ke Kuta untuk makan siang. Di restoran ini menu andalanya adalah Plecing Ayam dan Tahu seharga 15ribu untuk tahu dan 33ribu untuk ayam. Plecing disini beda dengan plecing di Jawa. Disini plecingnya pedeeess. Campuran cabe dihaluskan dicampur peresan jeruk ketemu dengan ayam/tahu yang masih anget. Beuuuhhh..perfecto!!! Minumnya gw pesen Coconut Milkshake seharga 8ribu, rasanya kayak santen campur susu dengan potongan kelapa di dalemnya.



ada mushrooommm!!!!

Kenyaaaang. Karena kamera gw batrenya abis dan hujan maka gw ga sempat muter muter banyak di Kuta. Target berikutnya adalah Pantai Senggigi. Dalam perjalanan kesana kita sempet mampir untuk mandi di rumah Mas Ohim. Sumpah ni orang baiiiiiiikkk banget. Dia pula yang nyebarin virus "BODOH TAPI SENANG" ke kita semua..makasih ya Mas..


Sip udah pada wangi dong??saatnya lanjut ke Senggigi, tapi selama dijalan gw di mobil Inovva mulai eror. Dari ngobrolin film sama Fuad, taruhan film sama Ruri, sampe menggalau bareng pak Dedi. Ga berasa kita sampe di Senggigi. Jam menunjukan pukul 23.00 WITA berarti 1 jam lagi taun baru. Sambil menghabiskan waktu kita adakan sesi perkenalan (aslinya sih mau tau umur masing masing)




Akhirnya waktu yang ditunggu datang juga. Di Senggigi ada pertunjukan fire dance dari beberapa kapal nelayan ga jauh dari pantai. Dipadukan dengan parade kembang api dari seolah berlomba ingin menjadi yang bintang di malam yang meriah itu.



Parade ini berlangsung selama 15 menitan. Puas to the max lah pokoknya. Emang ga salah kita milih ni tempat. Ga terlalu rame tapi atraksinya menakjubkan. Setelah semua beres kita bersiap menuju mobil untuk pulang. Tapi ada satu insiden yang hampir memicu perang pantai senggigi (biar kesannya kolosal) yaitu pada saat ke kamar mandi ada temen kita yang dicolek cowo cowo lokal yang pada mabok. Langsung aja para lelakinya ga tinggal diam. Semua maju untuk minta dicolek juga ngebelain, apalagi si Bernat tuh. Badannya kan udah segede gaban trus emosi pula. Tinggal ditambah ekor dan bantal di perutnya udah mirip dah ama babon yang istrinya dibawa kawin lari. *piss bro..

Daan seperti jalanan pada saat taun baruan di seluruh kota. Maceeettt!!! Si Deny sampe nekat keluar mobil cuma karena kebelet kencing, daripada kencing di muka lo mobil. Dan ga lama kita semua terlelap menyiapkan tenaga untuk menempuh 48 jam perjalanan kembali ke pangkuan ibukota. Jangan kemana mana ya karena petualangan kita pulang dan terdampar di Surabaya ga kalah seru hanya di Menggila sampe Mabok di Gili - Lombok (part 3).

Selamat malam Lombok.


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...