Selasa, 12 Juli 2011

Tidung, the hidden paradise in Jakarta (day 1)



Pulau Tidung..tadinya gw ga percaya klo di tengah tengah (yaa ga ditengah tengah banget sih...) Jakarta ada tempat snorkling dan jauh dari gedung gedung dan kebisingan kota..namanya Pulau Tidung..pas udah disana ternyata... *speechless..

06.00 POM Bensin

Perjalanan dimulai dengan janjian di POM bensin di dalem muara angke..baru sampe depan gerbang gw udah tercengang..ternyata maceeettt...setelah berhasil melintasi kemacetan gw tambah tercengang lagi...emang ada POM bensin di dalem pasar ikan..berhubung banyak orang orang bawa tas tas gede gw pun ngikutin mereka..yaaa setidaknya klo nyasar kan bareng bareng..

Klo ga tau tempatnya gw kasih tau.. Dari Citraland Grogol, naik angkot merah 01 Jurusan Angke. Angkot ini melewati Pluit Junction, Megamal Pluit, Ps. Muara Karang, Ps. Muara Angke, Terminal Angke, terus kira2 200 m lagi sampai Pelabuhan Penyeberangan ke P. 1000. Gak biasa naik angkot? Dari rumah lo, cari jalan raya, ada taksi, bilang “Bang, ke Pelabuhan Muara Angke ya”. Dan lo tinggal tidur, sampai lo ngerasa udah nyium amis dan macet itu berarti lo sudah sampai.

Setelah menemukan POM bensin gw nunggu 6 orang lain..salahnya gw tuh bilang ke mereka janjian jam 06.00 alhasil mereka pada dateng jam 06.30 dan parahnya kapalnya juga brangkat jam 06.30!!!
Jadilah mereka yang belon sampe menjalani lari maraton dengan bawa ransel di tengah pasar ikan yang becek...hahahhaa..
Hmmm..ternyata temen perjalanan gw kali ini adalah si babi  amie gustyanti, our cameramen Yandhi WijayaPurry SilvaNani Rhusmawati dan pasangan bule dari Belanda bernama Jerry Meijer dan Lise De Boer (bukan..bukan siapa siapanya Ronald De Boer pemain Barcelona)

11.30 Sampe di Tidung

Kampreeeetttt...ini yang pertama gw pikirin..bayangin aja perjalanan yang harusnya cuma 2 jam molor jadi  5 jam..yap 5 JAM!!! Setelah kapalnya dioper ke kapal kecil karena :
  • kapal besarnya kemasukan air gara gara kelebihan penumpang,
  • melintasi kapal kapal nelayan buat sampe ke dermaga,
  • gw lompat lompat di antara ni kapal buat nyebrang..
  • kapal kecilnya mogok di tengah laut, nunggu kapal lain lewat untuk kemudian ditarik make tali..(disini lagi lagi gw tercengang!!)

it's a bird, it's a plane, 'it's a superm..oh yes it's a bird..

Sampe di tidung -dengan kondisi mabok laut berat-  gw dan kawan kawan disambut dengan air yang biru kehijau hijauan dan pantai yang putih..dan kita langsung di sambut oleh mas Muji sebagai guide kita disana (gw pribadi sih nganggap mas Muji ini lebih mirip tukang tambel ban daripada guide..) kitapun langsung digiring ke pengnepan dengan fasilitas 1 tempat tidur, 1 kasur tambahan, AC, kamar mandi dan tipi..

homestaynya di jalan BETOK!!!hahahahaha..


12.00 Siomay (iStIrahat, shOlat, MAkan Yuuk..)

Setelah sampe di penginepan dan naroh barang barang kita diantar ke saung untuk makan siang..menu gw adalah nasi + tahu + sayur asem + cumi goreng + sambel terasi..mantaapp..sayang udah dingin karena udah disiapin dari jam 10..tapi sumpeeehhh sambel trasinya ajiiiibbbb!!!!klo bisa gw bungkus dah gw bungkus dah..
Setelah perut kenyang maka kita siap siap untuk snorkling..maka kita kembali ke penginepan untuk berganti kostum..

12.30 Snorkliiinnggg...!!!

Setelah berganti kostum kita semua menuju dermaga untuk naek kapal menuju tempat snorkling di Pulau Aer..ternyata di kapal udah ada rombongan anak anak muda yang ingin snorkling juga..pakaianya??jangan tanyaa...cukup membuat mata ga kedip beberapa detik dah..

Setelah berlayar selama 40 menit kapal sampe ke P. Aer..gw sempet nanya ma nahkodanya "Pak kenapa namanya pulau Aer??"..eehh dia malah jawab "ya sama aja mas kayak kenapa Jakarta namanya Jakarta??kenapa ga Jakaria atau Jakarudin??" ngedenger jawaban gitu Mas Muji cuma bisa mesam mesem kayak kuda mo kawin dan gw pun cuma bisa garuk garuk lantai...

Tempat snorkling disini cukup bagus dengan terumbu karang yang lumayan okeeh..cuma sayang di beberapa tempat terumbu karangnya udah mati dan menghitam..mungkin karena sering diinjak oleh pengunjung yang ga bertanggungjawab..






Disana gw diajarin ama mas Muji bahwa klo selama kita masih merasakan air dingin di laut berarti itu masih aman..nah klo kita mulai merasakan air anget melewati tubuh kita itu berarti di sekitar kita ada yang kencing...WHAATT!!!kenapa baru bilang pas udah nyebur gini maass...bilang dong sebelum nyemplung..gw kira malah air yang anget itu yang enak...mana udah beberapa kali ngerasain aer anget lagi..bener bener kampreett!!!

Setelah puas snorkling dan ngasih makan keluarga Nemo kita kembali ke kapal dan bertolak kembali ke penginepan..asli saat itu tuh duingiiiinn bgt...jadinya gw pun tidur di kapal dengan berselimutkan life vest..hahaha..

17.00 Santai santai sambil makan mi

Setelah mandi dan beres beres kit jalan jalan ke pantai buat nyari cemilan..dan pilhan kita jatuh kepada mi rebus pake telor...hmmm..mantapp!!Dan karena pemandanganya ajiib banget maka ga lupa pula (untuk ke sekian kalinya) kita poto keluarga..



19.30 Dinner

Makan malem kita (seharusnya) cukup nikmat dengan ayam goreng + trap bean (gw bilang sih itu trap bean karena bentuknya mirip buncis eh pas digigit ternyata cabe..it's a trap mameeenn...) + kerupuk..akan tetapi penampilan bisa menipu..ayamnya rasanya aneeehh...ayam tapi amis..kebanyakan maen ma ikan kli tuh ayam..so semuanya ga ada yang makan ayam sama sekali..setidaknya kita masih terhibur acara tipi Oscar Oasis yang lucuuuu...hahahaha..

21.00 Maen kartu dan BBQ

Sambil nungguin waktu BBQ kita maen kartu..tapi karena ada perbedaan masalah kebudayaan antara Indonesia dan Belanda maka diadakan pertukaran kebudayaan..dari pihak Indonesia mengajarkan permainan 41 dan dari pihak Belanda mengajarkan kita permainan "PESTEN" (bener ga ya ejaanya??)
Nah Pesten itu adalah permainan kartu yang ...... (bingung jelasinya..yang mau tau caranya klo ketemu gw ntar tanya aja..gw ajarin dah..)

Dan yang bikin gw heran adalah kenapa si babi tuh bisa menang mulu ya??gw sih curiga dia punya ajian atau semacamnya dah..hahahaha..

Cultural exchange.. ^_^
Setelah puas menyerap ilmu dari ex negara penjajah kita maka saatnya BBQ..ini saat yang gw tunggu untuk bales dendam karena makan malem yang mengecewakan tadi..selama menunggu ikan mateng para bule yang make celana pendek n kaos tipis daong tanpa dosa sempet komen "Ramdan why do you always feel cold? i think this is warm"  secara gw make jaket sambil menggigil coz arena bakar bakaranya ada di tepi pantai..gw cuma bisa nyengir sambil ngomong dalem hati "anget pale lo somplak!!!"

Menu BBQ kita adalah ikan, udang dan cumi..asli cuminya uenaaaaaakkkk...so klo kalian kesini dan nemuin BBQ cumi saran gw ambil yang banyak..sebelum nyesel...coz cuminya ga sebanyak ikannya..

Klo kata Jerry and Lise "EET SMAKKELIJK!!" (baca : selamat makan)

sebelum dibakar..


ini diaaa..siapa cepat dia dapat..


23.00 Tiduurr

Setelah seharian yang melelahkan kita semua masuk kamar masing masing...gw ngeliat bantal udah kayak ngeliat pacar yang udah setaun ga ketemu...bawaanya pengen meluk..tapi baru 10 menit tidur gw udah menggigil..sumpah ACnya duingiiiin bgt...berhubung gada selimut gw ambillah sarung ke kamar sebelah tempat Jerry tidur (gw tidur di depan tipi) dan ternyata apa yang gw liat bikin gw shock berat..tu bule tidur make kolor doang!!!sekali lagi gw bilang : koloran!!bayangin aja AC segini dingin tuh bule koloran doang tidurnya??WTF!!!sempet terlintas pengen nusuk tuh kulit karna gw curiga jangan jangan ni bule ada keturunan badak..sapa tau kulitnya setebel tuh binatang..tapi berhubung gw dah ngantuk berat so gw urungkan niat itu..

23.15 Selamat tidung tidur...Zzzzz

bersambung ke hari ke 2

1 komentar:

ipz mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...