Kamis, 22 Desember 2011

Ujung Genteng, Melepas penyu yang unyu unyu..

Lagi lagi gw jalan sama anak anak yang bocor sampe ke dasar..kali ini gw berkesempetan mengunjungi Ujung Genteng (lagi). Sebuah daerah yang terletak di ujung kiri bawah pulau Jawa. Trip kali ini spesial karena pas gw pengen trip ke UG lagi buat liat penyu eh pas banget ada yang ngadain..

Perjalanan dimulai dari Gelael. Dimana gw telat dateng dan jadi peserta trakhir yang dateng. Langsung aja kita dibagi 2 mobil yaitu mobil Elep dan mobilnya Pak Sukirman. Dan perjalanan 7 jam nonstop dimulai. Ga lupa saat subuh datang kita mampir ke mesjid yang ada di deket Cikaso. Gw lupa masjid apa tapi yg pasti itu masjid sebuah pesantren dan anak anak pesantren itu baca doanya setelah solat subuh tuh nadanya enaaaak bangeeettt...

Jam 6 kita sampe di Curug Cikaso dan kedatangan kita disambut oleh hujan rintik rintik. Tapi itu ga lama, segera setelah ujan reda kita langsung trekking ke Curug Cikaso, kali ini kita sengaja ga make perahu tapi melalui jalan darat melintasi sawah. Dengan resiko kepeleset gara gara jalan setapak yang kita lewati licin karena ujan. Dan bener aja, ga alama jalan sendal kita udah naik 3 cm oleh tanah dan ada beberapa orang yang jatuh saat menuruni jalan menurun.

Setelah melewati beberapa turunan yang mengakibatkan beberapa orang jatuh (disini gw galau antara mau langsung nolong atau ngetawain dulu) kita akhirnya sampai di Curug Cikaso, ternyata hujan dari pagi mengakibatkan airnya deres dan coklat. Saking deresnya dari jauh pun kita bisa basah terkena air dan angin tampiasnya, sehingga kamera poket menjadi raja disini. Tapi pemandangan ini ga setiap saat bisa kita saksikan. Pokoknya Subhanallah banget dah curugnya saat itu.

Jarak segini udah kayak mandi di shower..

Mandi bareng.. :)
Puas narsis narsisan di curug kita sarapan di warung deket curug. Ternyata makan nasi uduk ditemani gemuruh suara curug  yang menggelegar membuat sesi sarapan kita jadi sesuatu banget. Apalagi ditambah obrolan tentang fungsi lain dari timun oleh Pikki dan suster cabul Gemoy.

Kenyang, maka kita balik lagi ke mobil. Jalur yang dilalui masih sama, becek dan ga ada ojek. Bedanya kali ini kita menanjak.Ga lupa sesi poto di tengah pematang sawah.

Sesampainya di mobil kita cuci kaki dan langsung melanjutkan perjalanan ke Curug Cigangsa. Perjalannya hamir sama, melewati pematang sawah dan menuruni bukit. Bedanya kita ga turun sampe bawah dengan pertimbangan kemampuan kaki untuk naik lagi. Hanya beberapa saja yang turun sampai bawah.Sayang airnya lagi lagi coklat gara gara hujan dan deres banget.

Naiknya sendal dipastikan debel oleh tanah dan mencuci sendal pun jadi ritual wajib buat kita. Pokoknya paling gabisa dah liat air ngalir, pasti langsung dikeroyok buat nyuci sendal.

Sampai diatas lagi kita langsung makan. Makanan disini menurut gw lebih enak dibanding di Cikaso. Sambal honje membuat ayam goreng + sayur asemnya menjadi lebih ajiiiibbb...

Setelah ayam dan temen temanya pindah ke perut saatnya menuju penginepan di UG. Kali ini kita nginep di Penginepan Adi, tempatnya  lumayan oke dengan halaman yang luas dan langsung di pinggir pantai. Begitu dateng kita disambut oleh topeng monyet,Monyetnya pinter loh. Dia bisa naek motor boongan, bisa naek kuda lumping sambil salto, bahkan yang keren doi bisa solaatt!!! Gila salut sama pawang. nya. Tapi dasar monyet jantan, ga bisa liat betinanya begitu dideketin Susan dia langsung nemplok dipahanya ckkkckck..

Dasar monyet!!!

Puas main sama monyet kita jalan jalan ke pasar ikan untuk beli ikan (yaiyalah, masa beli semen) untuk makan malem. Ikan disini seger seger loh. Apalagi Bawal menteganya, kita beli 9 ekor dan ikan Kuwe 4kg 1 ekor. Disana juga dijual lobster dan ikan Hiu loh..

Sorenya adalah saat yang ditunggu tunggu, kita akan menuju pantai Pangumbahan untuk melepas Tukik ke laut lepas. Pantai Pangumbahan adalah pantai tempat penangkaran penyu dan setiap sabtu jam 17.30 WIB selalu diadakan pelepasan penyu dan yang asiknya kita bisa ikut berpartisipasi dalam proses tersebut. Cihuuiii...

Pas sesaat setelah para penyu yang unyu unyu itu masuk laut ujan deras langsung menyapa kita. Ga pake mkir lagi kita langsung bubar jalan menuju mobil buat kembali ke penginepan. Di mobil pun kita maen tebak tebakan singkatan. Yang paling gw inget sih "Ratu Denok Dari Bekasi". *Jangan tanya artinya ya..Hahahaha..

Unyu traveler..

Run baby, Run!!!

A man who can't be moved..

Malemnya hujan pun kembali menyapa kita. Membuat makan malam menjadi tambah nikmat. Seperti yang gw bilang tadi, ikan Bawal menteganya tuh ajiiib banget. Rasanya 2 ekor pun kurang. Dagingnya lembut dan manis dipadukan dengan sambel kecap yang pedesnya nendang. Dan dalam sekejap (ga sekejap juga sih) ikan ikan itu jadi tumbal keganasan para manusia manusia purba ini.

Keesokan harinya..

Lagu Waka Waka dari Shakira dari HP Pak Sukirman menandakan pagi telah menjelang. Ujung Genteng di pagi hari betul betul menyenangkan, hawanya yang adem dan sedikit rintik membuat kopi hangat dan bubur ayam gw bertemu dengan jodohnya. Ahh.. *menerawang ke langit*.. Tapi, tunggu dulu.. *balik lagi ke bumi*  HUJAN?! Apa?! HUJAN!! Ha uhu je ajan, HUJAN!! Wah, ini berarti mimpi buruk untuk kita yang mau hunting sunrise. Terpaksa rencana melihat sunrise kita batalkan jendral!!!

Setelah nunggu ujan reda kitapun berencana menyusuri pantai buat sekedar poto poto. Setelah menemukan gugusan karang yang okeh buat spot poto poto dan mengatur perlengkapan, mendadak ujan turun lagi. Langsung pada bubar, padahal udah tinggal jepret aja tuh.

Ga berapa lama neduh ujan reda lagi dan perburuan dilanjutkan kembali. Disini gw belajar banyak hal dari Om Jon. Beliau sungguh guru yang baik. Puas belajar poto poto kita jalan balik ke penginepan dan disana semua udah pada siap mandi dan packing.

Berhubung kamar mandi cowo cuma 1 dan gw bukan homo yang suka mandi bareng cowo maka gw numpang mandi di kamar cewe. Alesan pertama biar cepet selesai karena yang cewe udah pada siap, alesan kedua siapa tau dapet "pemandangan bagus" saat keluar dari kamar mandi.

Semua sudah siap untuk jalan. Perjalanan dilanjutkan ke Jakarta, tapi sebelumnya kita mampir dulu ke sebuah tempat mirip tanah Lot di Bali yang bernama Amanda Ratu. Kenapa mirip??kita tanya Galileo karena di tengah laut agak jauh dari daratan ada sebuah pulau kecil berdiri dengan gagahnya. Pokoknya buat yang pernah ke Tanah Lot pasti tau deh. Buat yang belum pernah ga da kata lain kecuali : TER - LA - LU !!

Lagi lagi hujan menyambut kita dengan gembira saat kita sedang asyik poto poto. Maka kita langsung capcus menuju rumah makan untuk ngisi perut. Saran gw buat rumah makan ini adalah VERY NOT RECCOMENDED!!!

- Pertama, pelayananya luamaaaa..hampir aja gw makan tuh meja saking lamanya..
- Kedua, Pelayanya cuma 1 jadi dia keder saking banyaknya permintaan..
- Ketiga, Saking bingungnya gw udah cancel pesenan masih aja dibuatin, malah yg udah mesen makananya ga dateng sampe pulang
- Keempat, pulangnya gw kembali pindah ke Elep. Hiks..Hiks..

Nah pas perjalanan pulang inilah Elep jadi ajang curhat dan pembocoran rahasia publik. Sus Gemboy bersit down comedy dengan lancarnya, mulai dari kejadian sekuntum mawar merah, tamparan di pipi kiri, sampe kondom bocor dibahas.

Tak terasa kita sudah hampir sampai di penghujung trip. Setelah menurunkan pasukan di medan perang masing masing kita pun kembali ke perisirahatan masing masing. What a wonderful trip guys.

Ttap sehat, tetap semangat karena berikutnya kita akan backpackeran dan bersenang senang abis di Lombok.

NB : Di tengah terjangan berbagai kabar buruk di negeri ini, gw sangat ingin memberikan sebuah cerita tentang indahnya negeri kita, cerita yang bisa membuat kalian (minimal) iri dan tersenyum. Cerita yang bisa membuat kita berkata, aku cinta Indonesia.. :)