Selasa, 22 Januari 2013

Sorak sorak bergembira di Pulau Rinca..


Berawal dari event Blacktrail yang diadakan oleh salah satu merk pembersih muka ke Komodo yang mana gw gagal di babak final, maka saat itu gw bertekad akan menginjakkan kaki di Pulau ini. Dan gw selalu percaya jika kita menggantungkan mimpi kita setinggi langit maka Tuhan akan memeluk mimpi kita.

Setelah melalui perjuangan di Tilongkabila maka sampailah gw di Labuan Bajo, kota terakhir bila kita mau menuju Taman Nasional Komodo (TNK). Dari Bajo kita nyewa kapal untuk LOB 2h3m seharga 3.5 juta dan itu dibagi 13 orang sehingga per orang hanya membayar 250rb saja kakak. Yaksip!

Selama LOB di kapal itu kita dapet makan ala restoran bintang 5 sebanyak 3x plus sarapan 1x. Servis yang sangat memuaskan mengingat pengalaman di Tilongkabila sehari sebelumnya. Dan hari itu petualangan kita dimulai



Di hari pertama kita maen ke Pulau Rinca. Dimulai dari gerbang di Loh Buaya sampai jalur long track kita libas. Perbedaanya hanyalah area yang kita kunjungin. Short track hanya mencakup hutan tempat habitat si Komo selama setengah jam, Medium track kita hanya ditambah melewati sungai selama 1 jam dan Long track kita akan diajak melewati padang savanna yang panasnya naujubilah selama 2 jam. Jauh memang, sejauh hatiku dan hatimu, #plaak.. tapi worth it kok!!!



 


Mungkin udah banyak postingan tentang keindahan Pulau ini, maka gw hanya akan membagi beberapa info yang penting aja. Biaya masuk Pulau Rinca dan Komodo itu pake sistim paket dan tiket terusan. Jadi kita cuma bayar 2.500 buat lokal dan 20rbu buat asing kita udah bisa bertemu Komodo di pulau Rinca dan pulau Komodo.

Eh, tapi jangan keburu seneng, karena ini alam liar maka ketemu komodo di hutan sangat tergantung keberuntungan dan amal kita. Disini gw sangat beruntung bia ketemu beberapa komodo baik di Rinca maupun Komodo. Dan ini cerita tentang Rinca.

Rinca adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa  Tenggara Pulau Rinca beserta Pulau Komodo  merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Rinca berada di sebelah barat Flores yang dipisahkan oleh Selat Molo.

Pulau ini juga merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO, karena merupakan kawasan Taman Nasional Komodo bersama dengan Pulau Komodo. Titik tertinggi pulau ini berada di Doro (gunung) Ora 670 mdpl.

Di pulau ini hidup berbagai jenis binatang seperti komodo, babi liar, kerbau dan burung. Pulau Rinca dapat dicapai dengan perahu kecil dari Labuan Bajo di Flores barat. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Indonesia.



Selain itu disini kita akan ditemani para ranger, bukan ranger dengan kostum warna warni ya. Tarif para ranger ini adalah 50rb/ranger. Ditambah patungan seiklasnya jika mau ngasih tips tambahan, gw sih kemaren patungan 10rb/org. Tiap 5 org akan dipandu 1 ranger.

Oia sedikit info, pada tau kan kayu yang dipake para ranger yang bentuknya Y itu. Nah disini kita bisa melihat asal pohon sebelum 'disulap' jadi kayu. Harus nyari batang yang emang berbentuk Y loh.


Disini ada beberapa tips buat para pengunjung :

1. Dilarang terlalu dekat dengan komodo..jika masih sayang nyawa.

2. Jika tetep mau deketin Komodo, pastikan sang pacar ranger bersama kalian.

3. Jika apes dikejar komodo dan gada ranger deket kalian, larilah zigzag. Feeling gw komodo gabisa lari zigzag, jika ternyata bisa berarti feeling gw salah.

4. Amat sangat dilarang merokok saat trekking, kecuali lo mau nama lo muncul di berita pagi.

5. Buat wanita yang lagi mens lebih baik tidak ikut kecuali mau main kejar kejaran ma si komodo.

6. Buat wanita hamil juga sebaiknya ga ikut. Kasihan kandungannya dan kasihan temen kalian klo mendadak pecah ketuban.

7. Bawa pelindung kepala karena matahari disini adil. Dibagi satu satu ke kepala kita alias puanaas pake banget.

8. Membawa minuman keras dingin di botol amat sangat dianjurkan biar ga dehidrasi karena di tengah pulau gada sevel.

9. Jangan terlalu jauh dari rombongan karena keasyikkan poto. Pernah ada yang ilang karena ketinggalan rombongan.

10. Jangan lupa berdoa sebelumnya. Kita ga pernah tau saat komodo ingin berburu.




Puas bermain main dengan si Komo kita balik ke kapal. Ternyata makanan udah siap. Pokoknya tiap kita abis dari mana gitu pasti makanan udah siap dan makanannya setara dengan bintang 5.

Bintang 5!!!

Tujuan berikutnya adalah pink beach. Seperti namanya pantai ini pasirnya pink. Tapi orang lokal lebih mengenal dengan pantai merah. Asal warna pink adalah dari pecahan koral berwarna pink yang bercampur dengan pasir. Anehnya klo dipoto pinknya ga secerah ketika diliat pake mata. Ciptaan manusia emang gabisa ngalahin ciptaanNya.


Disini kita disajikan sunset yang bikin speechless. Dan setelah gelap kita menuju Pulau Kalong untuk menambatkan kapal dan bersiap untuk istirahat.




Eits tunggu dulu!! Perjalanan belum selesai karena besok gw masih akan jalan jalan ke Pulau Komodo dan Manta poin.

Ayo terus berjalan kawan, menyusuri bumi dan menemukan keajaiban-keajaiban kecilnya, karena Tuhan menunjukkan banyak keindahan yang tak Ia tunjukkan pada mereka yang menghabiskan umurnya didapur dan tempat tidur.
 
 Trip now, Think later!!





8 komentar:

Si Ruslan mengatakan...

Mantep yaa pemandangannya tapi gersang gila itu.. tp top lah best..

BlogS of Hariyanto mengatakan...

ulasan perjalanan ke pulau komodo yang keren, lengkap dengan tipsnya dan masyaALLAH sunsetnya benar-benar menakjubkan ya....
jadi kepingin juga merasakan berkunjung ke Pulau Komodo....
salam hangat dari Makassar :)

ejiebelula mengatakan...

aaa....
ejie suka langit biru yg cantik itu ramdhaaaaannn.....

hehheh.. :P

Ramdan Nasution mengatakan...

@ruslan : ia panasnya ajegile brooo!!! Bawa AC lah besok klo kemari..

@Hariyanto : hayu atuh klo mau kesana ajak2..ketagihan mau kesana lagi..rencana september balik kesana..amiin..

@ejie : ejie juga ga kalah cantik kok.. *uhuk*

Indra Setiawan mengatakan...

Makananannya memang kayak bintang 5 deh..pa lagi gratis..heee

Cumi MzToro mengatakan...

Oh jalan ama nuniek .....

Ramdan Nasution mengatakan...

@ Indra Setiyawan : Wuiihh..baneett!! Klo aja kokinya ikut master chef bisa tembus 10 besar kayaknya bro..

@ Cumi MzToro : ia sama nunik...kenal juga??

Cumi MzToro mengatakan...

kalo ama bu dokter nuniek bukan hanya kenal tapi KUENAL BUANGET hahahaha. Banyak tuch foto dia bertebaran di blog ku hehehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...