Jumat, 05 Oktober 2012

Explore Sulawesi : Togean - Ampana

Dok. NK

Oke gw akuin gw agak melewatkan bagian terakhir perjalanan gw di Sulawesi karena perhatian gw teralihkan ke trip galau di Sumatra Utara. Karena ada waktu luang maka gw akan melanjutkan cerita tentang Trip Sulawesi gw yang tertunda.

Pagi itu jam 4 subuh gw udah terbangun. Gelap disertai hembusan angin yang menyelinap dari celah celah kamar yang diiringi suara air yang bercumbu dengan tanah dan genteng  ditambah hangatnya selimut membuat pikiran dan tubuh ga sinkron. Pikiran menginginkan bangun tapi tubuh merespon sebaliknya.

Tapi gw harus bangun. Karena KMP Lumba Lumba yang akan membawa kita ke Ampana berangkat jam 6 pagi dari Malenge. Dari Pulau Malenge, terdapat 2 kapal yaitu Lumba Lumba dan Puspita Sari yang menuju Ampana dengan jadwal keberangkatan jam 6 pagi setiap Kamis dan Minggu. Klo gw ketinggalan berarti gw harus nunggu sampe minggu untuk balik.

JEGEERR!!! Petir kembali menyambar di pagi hari yang sama sekli ga cerah itu dan hujan deras kembali mengiringi perjalanan gw ke Malenge. 1 jam kemudian Pulau Malenge pun terlihat, Ga jauh dari pulau sebuah kapal terlihat bergerak perlahan menjauhi pulau.


HAH?? Itu kapal kita!!! (maksudnya bukan kapal punya kita, tapi kapal yang kita naikin) Ternyata kapalnya udah jalan. Ternyata kita telat 15 menit sodara sodara. Dengan hopeles kita menuju rumah Syifa untuk melunasi pembayaran dan ganti baju, secara baju gw basah semua gegara ujan.

Tips : Jangan terlambat naek kapal klo travelling di tempat kayak gini. Every minutes priceless!!!

Tiba tiba lagi asik ganti baju pintu kamar digedor. "Mas cepetan ganti bajunya, ada kapal lagi tuh ke Ampana!!" Dan dengan kecepatan cahaya gw udah selesai ganti baju dan langsung caw menuju pelabuhan. Disana udah duduk manis KMP Puspita Sari tujuan Ampana yang transit di Wakai. Alhamdulillah..


Kapal ini juga berfungsi sebagai pengantar sembako terutama beras. Sekali anter bisa puluhan karung dan nanti dioper ke kapal kapal kecil lagi sebagai distribusinya.

Karung berasnya..

Dan ini kulinya..hahaha..
Di kapal ini ga ada sistem tempat duduk. Adanya hanya kamar dan matras untuk tiduran. Karena klo sekamar ma Nuki takut terjadi hal yang diinginkan (diinginkan gw sih sebenernya) maka kita milih rebahan di matras. Itupun dapetnya di bawah, bukan diatas. Ga masalah kok, tetep aja nyaman dan aman. Harga tiketnya 45rbu/orang.



Toooottt!!! Sirene bunyi 2 kali menandakan kapal akan mulai berlayar. Sejam pertama gw sering bolak balik ke geladak untuk menikmati udara segar non polusi dan pemandangan Gunung Bangkagi yang menjulang dengan sombongnya menantang mentari.


Ga lama gw pun masuk karena udah agak panas sambil itung itung bajet berdua dan poto narsis.  Sisanya?? Gw molor. Bamgun bangun udah di Wakai dan jam menunjukan pukul 12.00 WITA. Nengok kanan. Nuki asik molor. Liat kiri ada mbak mbak lagi makan. Laper puun menjalar di perut. Gw nekat turun dan lari ke pelabuhan untuk beli makanan dan air. Makanan disini kisaran 15rb/org udah make ayam dan ampela.



Pas balik kapal masih ada (fyuuh..ga ditinggal) dan Nuki pun masih asik dalam mimpinya. Sambil nunggu doi bangun karna lapar gw ngobrol ma si mbak mbak. Dan gw ditawarin kue khas Wakai yaitu Kue Keong. Kuenya mirip keong dengan isian kacang dan baluran karamel. Rasanya enaak. Ga berasa udah setengah toples gw abisin, klo ga inget itu punya orang mah udah gw sikat.


cemilan ajiib..

Setelah si Sleeping Beauty bangun dari tidurnya maka saatnya makan siang.

Setelah kenyang, maka gw tidur lagi. Sumpah gada hal menarik yang bisa dilakukan selama 8 jam di kapal ini selain tidur. Oia ada, satu satunya hiburan adalah bagaimana si Nuki ngoceh dan ngomel tentang kamar mandi kapal ini. Gayanya itu loh.

Ini Nuki..

Kapal sampe di Ampana jam 15.00 WITA. Kita bingung dong mau naik apa ke Pangkep. Akhirnya berkat anjuran polisi kita disuruh ke PO bus ga jauh dari pelabuhan. Sampe di cariin ojek segala. Baiknya kau pak. Kita dianterin ke PO. Mitra Tona dan setelah perdebatan alot kita dapet tiket Ampana - Makasar seharga 180rb/org. Kitapun diperbolehkan nitip tas di kantornya klo mau muter muter. Itu kabar bagusnya. Kabar buruknya adalah busnya baru ada jam 11 malem. Dan itu berarti selama 7 jam kita akan luntang lantung di Ampana.



Ampana adalah sebuah kota pelabuhan. Dari sini ada berbagai bus ke hampir semua kota besar di SUlawesi Selatan dan Tenggara seperti Palu, Makassar dan Kendari. Di sini juga banyak porter di pelabuhan. Yang unik mereka bawa gerobak sebagai "kendaraan dinasnya". Tapi disini jangan lo harepin ada McDonalds. Bisa nemu tempat makan yang buka sampe malem aja udah syukur. Rata rata jam 7 udah pada abis.

Nunggu rejeki..
Akhirnya gw berdua memutuskan ngabisin waktu dengan solat, bersiin muka ala kadarnya dan makan sate. Sate disini harganya 10.rb/porsi dan dikasih kuah. Entah buat apaan tuh kuah?? Ga lupa kita tetep poto poto di kota antah berantah ini.





Finally bus kita jam 23.30 WITA. Astagfirullah..segala motor ikut diangkut di bus AKAP ini. Ajegileee. Ga sekalian mobil diangkut ke atasnya. -__-'


Astagfirulloh..

Sampe di dalem..

Dan dimulailah perjalanan 23 jam kita. Yup selama 23 jam kedepan gw akan menghabiskan hidup gw di bus dengan volume lagu yang distel kuenceng pol dengan lagu ala Manado yang mana gw roming. Berita baiknya, gw akan ngabisin 23 jam di sebelah cewek cantik. Selalu berpikir positip kawan..

Posisi 23 jam kedepan..aseeekk..

23 Jam Kemudian..

Akhirnya jam 3 pagi kita sampe Pangkep dan udah ditunggu Ancha.  Klo kata nuki Ancha ini orang paling baik se-Pangkep. Klo kata gw Ancha orang terkeren se-Pangkep. Gimana kagak?? Dia rela nganter kita ke Rammang Rammang, Alun alun, bahkan mengijinkan kita nginep 2 hari plus dikasih makan. *terharu*

Mau tau kaya apa Rammang Rammang yang disebut batuan karst terbesar seindonesia dan ke 3 di dunia?? Sabar, kita lanjut postingan berikutnya ya..

Trip now, Think later..

5 komentar:

YouRha mengatakan...

waduh..lama nian bg..23 jam dlm bus..gilee..
5 jam pantat sudah panas...

Ramdan Nasution mengatakan...

emang sih pantat jadi kayak pantat spongebob..tapi liat dong disebelahnya ada siapa..bening booo...

yustha tt mengatakan...

mas, yang diikutkan #TurnamenFoto Perjalanan yang mana ya? Saya klik link fotonya, masuk ke postingan ini. Makasih.

Titik

Unknown mengatakan...

Ekspedisi Modus tiada henti

Unknown mengatakan...

Ekspedisi Modus tiada henti

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...